Ibas Mundur, Langkah Tepat Bagi Demokrat

Ibas Mundur, Langkah Tepat Bagi Demokrat

Headline

Edhie Baskoro Yudhoyono – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Mundurnya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dari DPR cukup mengagetkan berbagai pihak. Sejak awal tidak ada tanda-tanda Ibas akan mundur.

Pengamat politik Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi menilai, langkah mundurnya Ibas dari DPR merupakan langkah yang tepat disaat kondisi Partai Demokrat saat ini. Pasalnya, jabatan ketua umum dan sekjen seharusnya tidak disibukkan dengan tugas-tugas kedewanan.

“Ketua umum dan sekjen memang yang ideal tidak menjadi anggota DPR, dua orang ini yang paling bertangungjawab terhadap partai,” ujar Burhanudin di Gedung DPR, Senayan, Kamis (14/2/2013).

Menurut dia, sebagai seorang ketua umum dan sekjen partai dituntut memiliki waktu untuk mengurus partainya. Apalagi kondisi Partai Demokrat yang saat ini sedang terpuruk.

“Idealnya ketum dan sekjen bisa meluangkan waktu 24 jam untuk partai, tidak disibukkan dengan tugas di DPR,” jelas Burhanudin.

Meski begitu, langkah Ibas ini tidak akan banyak membantu Partai Demokrat untuk mengembalikan elektabilitas partai. Sebab, sikap ini hanya akan menimbulkan pencitraan positif kepada publik.

“Dalam kepentingan jangka panjang tidak selesai hanya dengan mundurnya Ibas dari DPR. Harus ada jangka menengah dan jangka panjang. Harus ada desain menyeluruh, bukan sesaat tidak bisa hanya dengan pengunduran diri,” tandasnya. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Sprindik Anas, Todung Berharap KPK Jujur

    Sprindik Anas, Todung Berharap KPK Jujur

  • Pascaanjlok, Emas Berjuang Mencari Arah

    Pascaanjlok, Emas Berjuang Mencari Arah