Ibas Dituduh Terima Dana Hambalang, Hatta Rajasa Membelanya

Metrotvnews.com, Jakarta: Hatta Rajasa menilai pernyataan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang menyebut Edhie Baskoro Yudhoyono ikut menerima kucuran dana dari megaproyek Hambalang sebagai fitnah.

Hatta meminta Anas tidak membuat kegaduhan dengan pernyataan tersebut.

“Itu fitnah, tidak betul. Jadi, menurut saya kita janganlah lontarkan sesuatu yang bisa jadi masalah. Fitnah itu sangat kejam,” kata Hatta di Kompleks Istana Presiden, Kamis (28/2).

Seperti diketahui, Anas dalam wawancara di sebuah stasiun televisi menyebut Ibas ikut menerima aliran dana untuk pembangunan pusat olah raga di Hambalang. Anas bahkan menyebut Amir Syamsudin mengetahui tentang penerimaan dana itu.

Anas kini menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus Hambalang. Ia dituduh menerima gratifikasi berupa sebuah mobil. Anas pun mundur dari posisi Ketua Umum PD.

Terkait pernyataan Anas itu, Hatta menilai masyarakat Indonesia sudah cukup cerdas. Mertua Ibas ini menilai masyarakat sudah dapat membedakan mana omongan yang berdasarkan fakta dan mana yang tidak.

“Saya kira masyarakat kita sudah cukup cerdas, segala sesuatu yang tidak berdasarkan bukti dan fakta, apalagi melontarkan seperti itu, bagi kita itu berbahaya,” terang Hatta.

Meski menyebut pernyataan Anas itu sebagai fitnah, Ketua Umum Partai Amanat Nasinal ini menilai KPK tidak akan terpengaruh. Ia pun berharap tidak ada kegaduhan yang dibuat oleh Anas melalui pernyataannya tersebut.

“Saya sangat yakin KPK sangat profesional dan kita sangat percaya. Jadi berikan kepercayaan kepada KPK. Jadi kita tidak gaduh, janganlah politik ini gaduh, banyak pekerjaan kita untuk sejahterakan rakyat, bangun ekonomi. Ini penting sekali, jangan gaduh kita ke mana-mana,” tutup Hatta. (Fidel Ali Permana/Adf)