Hatta Rajasa Targetkan Gandakan Kursi PAN di DPR

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan perolehan 88 kursi di DPR pada Pemilu 2014 atau hampir dua kali lipat dibandingkan hasil Pemilu 2009.

“Targetnya, kami mampu memperoleh 88 kursi legislatif. Kami optimistis, target tersebut akan terealisasi,” kata Ketua Umum PAN Hatta Rajasa saat mengunjungi Galeri pelukis Nasirun di Yogyakarta, Jumat (8/3).

Untuk merealisasikan target tersebut, kata Hatta, PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Riau untuk membahas persiapan calon anggota legislatif (caleg) dan mengatur strategi pemenangan dalam pemilu tahun depan. “Rakernas di Riau akan fokus membahas perolehan kursi anggota DPR dan DPRD di atas 10 digit. Selain itu mebahas strategi pemenangan PAN dalam pemilu,” kata dia.

Berdasarkan hasil Pemilu 2009, PAN menempati posisi lima besar dengan 46 kursi anggota DPR. Perolehan itu di bawah Partai Demokrat (148 kursi), Partai Golkar (106 kursi), PDIP (94 kursi), dan PKS (57 kursi).

Untuk itu, kata Hatta, PAN terus mendorong kader dari tingkat pusat hingga pelosok di seluruh negeri gencar melakukan sosialisasi dan melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui program prokerakyatan. Hal itu diwujudkan dalam strategi melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat. “Kami terus mendorong kader dan pengurus PAN untuk memiliki program yang prorakyat,” katanya.

Terkait, kesiapan dirinya sebagai calon presiden 2014, Hatta enggan menjawab lebih lanjut. “Untuk soal itu, belum waktunya. Tunggu saja,” katanya. (Antara/Hnr)

Editor: Henri Salomo Siagian