Hampir Seluruh Parpol Penuhi Keterwakilan Perempuan

JAKARTA – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menyatakan, hampir semua partai politik mampu memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan pada daftar bakal calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat.

Dijelaskan Titi, fakta ini menunjukkan bahwa bukan hal sulit bagi partai untuk mengajukan calon perempuan. "Sejauh mereka bersungguh-sungguh membuka kesempatan bagi perempuan di daftar calon," katanya,  di Jakarta, Minggu (12/5).

Berdasarkan dokumen pendaftaran bacaleg DPR di Komisi Pemlihan Umum, Titi menjelaskan, ada empat parpol, yakni PKS, PKB, PBB, PKPI, PDIP dan PPP yang belum memenuhi kuota 30 persen perempuan di beberapa daerah pemilihan.

 "Jika dibadingkan jumlah partai dan jumlah daerah pemilihan, jumlah partai atau dapil yang belum memenuhi kuota 30 persen relatif kecil," kata Titi.

Dia pun menambahkan keempat partai tersebut juga masih bisa memenuhi ketentuan kuota 30 persen, karena KPU masih memberikan kesempatan untuk memasukkan bacaleg perempuan.

"Masalahnya adalah tidak mudah bagi bacaleg untuk memenuhi semua persyaratan administrasi bacaleg karena waktunya semakin mepet," terangnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Dahlia Umar, menyatakan, kebijakan politik tidak lepas dari kepentingan perempuan yang memengarui kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Ia menegaskan, perempuan yang menduduki jabatan publik dapat diandalkan untuk memahami kebijakan yang berpihak kepada perempuan. (boy/jpnn)

JPNN.COM