free web stats

example banner

Golkar Tak Koperatif Soal Tranparansi Dana Parpol

Survei TII
Golkar Tak Koperatif Soal Tranparansi Dana Parpol

Headline

(Foto : istimewa)

inilah.com, Jakarta – Berdasarkan survei yang digelar oleh Transparency International Indonesia (TII), terkait transparansi pendanaan Parpol, diketahui dari 9 parpol yang disurvei, Partai Golkar tercatat sebagai partai yang paling tidak kooperatif dalam pelaksanaan survei.

“Dari 9 partai di parlemen, 5 partai di antaranya sangat kooperatif terhadap survei ini. Yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), PDIP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Hanura,” ucap Peneliti senior TII Putut Arya di Hotel Century, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2013).

Sementara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih dalam kategori kooperatif. Dua Partai yakni PKS dan Partai Demokrat termasuk kurang kooperatif, dan Golkar masuk kategori tidak kooperatif.

Dari 5 partai yang masuk kategori sangat kooperatif, kemudian dilakukan survei yang dinyatakan transparan yakni Gerindra mendapatkan skor 3,74; PAN 3,64; PDI Perjuangan 3,10; Partai Hanura 2,41; dan PKB mendapatkan 2,31.

Riset ini bertujuan mengukur sejauh mana transparansi pendanaan partai politik ditinjau dari UU No.2/2008 Jo UU No.2/2011 Tentang Partai Politik dan UU No.14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pengumpulan data dalam survei yang dilakukan sejak Juni 2012 sampai April 2013 ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan acuan kuesioner yang didukung wawancara mendalam dengan informasi kunci dari partai politik di tingkat DPP.

Informan utama adalah Bendahara Umum DPP partai politik atau yang mewakilinya. Hal itu dengan catatan menguasai seluk beluk pendanaan dan dapat dimintai pertanggungjawaban terhadap data yang diberikan.[bay]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Pasar Percaya Diri di Tengah Sentimen Negatif

    Pasar Percaya Diri di Tengah Sentimen Negatif

  • Hazard: Chelsea Takut Pada City!

    Hazard: Chelsea Takut Pada City!

Inilah.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below