Gita Wirjawan Ternyata Kader Demokrat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menjelang kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat, bursa calon ketua umum mulai ramai. Nama Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan juga dijagokan sebagai pengganti Anas Urbaningrum.

Namun, sosok Gita dinilai tidak memenuhi syarat ketum yang diharapkan majelis tinggi harus berasal dari kader Demokrat. Tetapi, Ketua DPP Demokrat Achsanul Qosasi mengatakan Gita sebenarnya bukan orang yang jauh dari Demokrat.

“Gita Wirjawan sebenarnya kader Demokrat. Kalau ga salah dia memang kader Demokrat,” kata Achsanul di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Senin (11/3).
 
Menurut dia, semakin banyak nama yang dimunculkan akan semakin bagus. Artinya, Partai Demokrat merupakan partai yang demokratis. Siapapun yang akan dipilih, selama basisnya adalah dinamika kebersamaan.  Namun, tokoh-tokoh senior Demokrat menurut Achsanul juga tidak kalah hebat dibanding Gita.
 
“Pak Marzuki Alie, Pak Syarief Hasan juga boleh,” ujarnya.

Meskipun kedua tokoh itu memiliki jabatan yang sangat penting di luar Demokrat, tidak akan menjadi masalah asalkan bisa mengatur waktu. Dan tokoh terpilih harus rela melepas jabatannya di luar Demokrat agar fokus mengurus partai