Empat Parpol belum Penuhi Kuota Bacaleg Perempuan

Empat Parpol belum Penuhi Kuota Bacaleg Perempuan

Headline

Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini – (Foto : istimewa)

inilah.com, Jakarta – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyatakan berdasarkan dokumen pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI di KPU, hampir semua partai politik (parpol) mampu memenuhi ketentuan kuota minimal 30% bacaleg DPR perempuan di setiap daerah pemilih.

Demikian diungkapkan Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini di Cikini, di Jakarta, Minggu (12/05/2013).

Menurut Titi, dari 12 parpol terdapat empat parpol (PKS, PKB, PBB, dan PKPI) yang belum memenuhi kuota 30% perempuan di beberapa pemilihan seperti PKS di Jabar VIII dan Jateng VI, PKB di DKI III dan Sultra, PP di Sumbar I, PBB di DKI III dan PKPI di Jatim VIII dan IX.

“Jika dibadingkan jumlah partai dan jumlah daerah pemilihan, jumlah partai/dapil yang belum memenuhi kuota 30% relatif kecil,” kata Titi.

Keempat partai itu, kata Titi, masih bisa memenuhi ketentuan kuota 30% karena KPU masih memberikan kesempatan untuk memasukan bacaleg perempuan.

“Masalahnya adalah tidak mudah bagi bacaleg untuk memenuhi semua persyaratan administrasi bacaleg karena waktunya semakin mepet,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, KPU hendaknya segera mengingatkan partai-partai yang belum memenuhi kuota agar segera memenuhinya dengan segera mengajukan caleg perempuan berserta persyaratan administasi yang harus dilengkapi. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Mourinho Ucapkan Selamat Kepada Barcelona

    Mourinho Ucapkan Selamat Kepada Barcelona

  • Ini Target Terakhir Moyes di Goodison Park

    Ini Target Terakhir Moyes di Goodison Park

Inilah.com