free web stats

example banner

Empat Kapal Thailand Tertangkap Mencuri Ikan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Empat unit kapal ikan nelayan asing berbendera Thailang kedapatan mencuri ikan di Perairan Selat Malaka sebelah timur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

“Penangkapan tersebut, dilakukan Kapal Hiu 008, Kamis (17/7) sekitar pukul 17.20 WIB, saat operasi rutin yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP), Syahrin Abdurrahman di Belawan, Sabtu.

Keempat kapal yang ditangkap itu, KM Kasiasin I (80 GT), KM Kasiasin 2 (80 GT), KM Chayanon 1 (80 GT) dan KM Chayanon 2 (80 GT). Dengan jumlah Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 36 orang, terdiri dari 8 orang warga Thailand dan 28 orang Myanmar.

Kapal tersebut melakukan pencurian ikan dengan menggunakan alat tangkap yang dilarang pemerintah, yakni pukat trawl, dan kapal itu tidak memiliki Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia.

“Penangkapan nelayan asing Thailand itu merupakan upaya serius KKP untuk terus memberantas kegiatan pencurian ikan, demi terjaganya kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Syahrin menyebutkan, pencurian ikan telah menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi Indonesia dan KKP selaku aparatur yang diberi kewenangan oleh Undang-Undang selalu bertindak tegas dan serius dalam memberantas pencurian ikan.

Untuk proses selanjutnya, terhadap keempat kapal berbendera Thailand akan dilakukan penyidikan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan pada Stasiun PSDKP Belawan.

google.co.id

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below