DPR akan Tolak Agus Jadi Gubernur BI

DPR akan Tolak Agus Jadi Gubernur BI

Headline

Menteri Keuangan Agus Martowardojo – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat akan menolak Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) yang diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab, Agus pernah ditolak DPR dalam fit and proper test calon Gubernur BI pada 2008.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Aziz mengatakan, pihaknya akan mengembalikan Agus ke Presiden SBY.

“Dulu kan minta masih Dirut Bank Mandiri, apakah Pak Agus masuk dalam kategori calon lama, kalau calon lama kita akan kembalikan ke Presiden. Kita minta presiden mengirim kembali orang,” kata Harry, ketika dihubungi inilah.com, Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Namun, jika Presiden mengusulkan Agus sebagai calon tunggal baru, maka Komisi XI akan memproses sesuai dengan peraturan yang berlaku di parlemen.

“Tapi kalau calon baru akan kita proses sampai kepada pemilihan. Dulu pengalaman terakhirnya dirut, sekarang sudah menteri keuangan, sehingga sudah memiliki pengalaman,” jelas politikus Golkar itu.

Meski Presiden SBY memiliki kewenangan untuk memutuskan calon Gubernur BI, namun harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Presiden punya hak untuk memutuskan calon, maksimum itu presiden itu mengirim tiga orang,” demikian Harry. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Hatta: Anas, Fitnah Itu Sangat Kejam

    Hatta: Anas, Fitnah Itu Sangat Kejam

  • Bos Facebook Hadir dalam Kampanye Computer Coding

    Bos Facebook Hadir dalam Kampanye Computer Coding