DPD Demokrat Minta Ketum dari Internal

REPUBLIKA.CO.ID, CIKEAS — Partai Demokrat menegaskan hanya akan mencari ketua umum dari kader. Meski pun hingga saat ini belum dipastikan siapa yang akan menjadi ketua umum menggantikan posisi Anas Urbaningrum.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Amir Syamsuddin, hal itu sesuai dengan usulan seluruh Ketua Dewan DPD Demokrat yang hadir di pertemuan di Cikeas, Sabtu (2/3).

Meski DPD sudah memberikan petunjuk awal calon ketua umum, namun Amir tidka bisa memastikan waktu pelaksanaan kongres luar biasa (KLB). Karena, pembahasan KLB tidak menjadi fokus utama dalam pertemuan tersebut.

“Itu (KLB) nanti saja, yang penting seluruh kader khususnya DPD mempunyai kesepahaman bersama untuk tidak panik. Meski kursi Ketum masih kosong,” ujar menkumham tersebut. 

Menurutnya, dalam waktu dekat Demokrat akan menetapkan solusi terkait perlu tidaknya ketua umum. Khususnya, sebagai bagian dari perjalanan Demokrat di pemilu 2014.

“Kami akan konsolidasikan lebih lanjut, apakah fungsi Ketum sebagai perestu majunya calon anggota DPR ini dapat digantikan oleh majelis tinggi. Karena, dalam aturan partai kami wewenang ketum bila berhalangan itu diserahkan kepada majelis tinggi,” ujarnya.