Demokrat Tak Kekurangan Stok Calon Ketum

JAKARTA – Majelis Tinggi Partai Demokrat sudah memutuskan untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sebelum 9 April 2013.  Ketua DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati, optimistis KLB sukses memilih Ketum PD baru.
Nurpati pun berharap Ketua Umum PD hasil KLB nanti memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajerial untuk memperbaiki kondisi partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. “Konsolidasi partai menjadi hal utama yang harus segera dilakukan ketum terpilih, kemudian persiapan hadapi pemilu,” kata Nurpati kepada JPNN, Senin (11/3) petang.

Lantas siapa figur yang dijagokan untuk memimpin PD? Bekas Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu menegaskan, PD punya cukup stok calon ketua umum.

Dari internal PD misalnya, Nurpati menyebut nama Ani Yudhoyono, bekas Ketum PD Hadi Utomo, Syarif Hasan, Amir Syamsuddin, Jero Wacik, serta Sekretaris Jenderal PD Edhie Baskoro Yudhoyono. Berikutnya ada pula EE Mangindaan, Wakil Ketua Dewan Pembina PD Marzuki Alie serta Bendahara Umum PD Sartono Hutomo.

Sedangkan dari eksternal PD, sebut Nurpati, ada nama Gamawan Fauzie, Muhammad Nuh, Gita Wirjawan, Moh Mahfud MD dan Dahlan Iskan. “Jadi ada dari internal dan eksternal,” tegasnya.
           
Soal sistem pemilihan, lanjut Nurpati, ada dua cara, yaitu melalui aklamasi dan voting. Menurut dia, kedua bentuk pemilihan ini sah dilakukan. “Saya berharap jika memungkinkan aklamasi saja,” kata Andi.
          
Kenapa harus aklamasi apakah sudah ada calon yang diunggulkan? Andi menjawab diplomatis. “Supaya tidak menimbulkan konflik-konflik baru. Kita tunggu saja pendaftarannya, siapa saja yang bakal maju,” tuntasnya. (boy/jpnn)