Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu dan Daftar Caleg

Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu dan Daftar Caleg

Headline

mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat, M Rahmad – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Partai Demokrat nampaknya benar-benar harus segera mencari solusi untuk mencari ketua umum baru sebagai pengganti Anas Urbaningrum yang mundur dari jabatannya.

Pasalnya dalam AD/ART Partai Demokrat yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM serta di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mencantumkan adanya pasal mengenai mekanisme penunjukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

“Untuk ketum partai tidak ditunjuk Plt sebagai penggantinya. Lalu siapa yang menggantikan? Itu harus diputuskan lewat KLB,” ujar mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat, M Rahmad kepada inilah.com, Kamis (7/3/2013).

Dia mengatakan, dalam AD/ART Partai Demokrat yang terdaftar di Kemenkumham dan KPU tidak disebutkan adanya mekanisme penunjukan Plt ketua umum. Bahkan dalam AD/ART Partai Demokrat tidak pernah ada ketentuan jika Majelis Tinggi partai bisa merekomendasikan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB).

Pasalnya yang disebutkan dalam AD/ART Partai Demokrat adalah mekanisme KLB harus dengan usulan dari 2/3 DPD dan DPC Partai Demokrat

“Itu tidak ada secara eksplisit menyebutkan jika majelis tinggi bisa menunjuk Plt dan merekomendasikan KLB. Kalau penunjukkan Plt itu dilakukan dan kemudian diterima oleh KPU maka itu akan banyak menuai protes khususnya dari parpol lainnya,” ungkapnya.

Dengan dasar hukum itulah, Rahmad berkeyakinan jika Partai Demokrat harus segera menggelar KLB menentukan Ketua umum baru. Jika tidak Partai Demokrat dipastikan tidak bisa mengikuti Pemilu 2014. “Ya tidak akan bisa mendaftarkan calegnya di KPU dan bahkan tak bisa ikut Pemilu,” ujarnya. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Ronaldo: Ferguson Tak Layak Dapat Gelar Sir

    Ronaldo: Ferguson Tak Layak Dapat Gelar Sir

  • Sikap Kalem Mourinho Jadi Bahan Gunjingan

    Sikap Kalem Mourinho Jadi Bahan Gunjingan