free web stats

example banner

Demokrat Siap Keuangan Parpol Diaudit BPK

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat menolak disebut tak kooperatif soal pendanaan parpol seperti yang disebut survei Transparency International Indonesia (TII). Demokrat menekankan siap diaudit Badan Pemeriksa Keuangan.

Demikian pernyataan Bendahara Umum Partai Demokrat Sartono Hutomo kepada wartawan, Selasa (16/4). Ia menjelaskan, Demokrat mendapat sumber dana dari sumbangan anggota DPR, simpatisan, dan kader.

“Dana ini selalu diaudit oleh BPK. Jadi teman TII kalau mau minta laporan tersebut, kami siap,” tegasnya.

Hasil survei TII bekerja sama dengan Komisi Informasi Pusat menyebut Partai Golkar tidak kooperatif terhadap transparansi dana partai politik. Sementara Gerindra menjadi parpol yang paling transparan.

“Partai Golkar paling tidak membuka diri. Membuka diri artinya melakukan komunikasi terkait survei yang dilakukan oleh TII-Indonesia dan Komisi Informasi melalui surat, telepon, dan lain-lain,” peneliti TII Putut Aryo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (16/4).

Survei TII dilakukan pada Juni 2012-April 2013 terhadap sembilan parpol nasional di DPR mengacu pada UU tentang Parpol dan UU Keterbukaan Infoermasi Publik.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang didukung wawancaa mendalam dari parpol di tingkat DPP. Peneliti memberi skor 1-4 untuk setiap pertanyaan.

“Peneliti mengajukan 27 pertanyaan terhadap responden Partai Demokrat, Partai Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Partai Hanura, dan Partai Gerindra,” jelas Putut.

Ia menyebut Partai Demokrat dan PKS kurang kooperatif dan PPP kooperatif. Sementara yang sangat kooperatif berturut-turut adalah Partai Gerindra 3,74 , PAN 3,64 , PDIP 3,10, Partai Hanura 2,41 dan PKB 2,3.

Editor: Asnawi Khaddaf

metrotvnews.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below