Demokrat Prioritaskan Muka-Muka Lama di Daftar Caleg

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP Partai Demokrat Andi Nurpati mengatakan partainya akan lebih memprioritaskan kader petahana untuk maju sebagai calon anggota legislatif pada pemilu legislatif mendatang.

Namun tetap ada syarat tertentu yang diberlakukan dan harus disetujui oleh Ketua Umum Anas Urbaningrum. “Incumbent dapat prioritas maju di dapil (daerah pemilihan) masing masing. Kecuali yang bersangkutan mau pindah dapil atau tidak mau dicalonkan lagi. Misalnya saja Ramadhan Pohan yang dulu dapil Jawa Timur, besok mau ambil dapil Sumatra Utara,” kata Andi saat ditemui di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (14/2).

Lalu apa parameter Partai Demokrat untuk menentukan seseorang boleh jadi caleg? “Kita lihat bagaimana kinerja di partai, parlemen, dan eksekutif. Kedua adalah konstituen yang dulu pilih dia. Dan mungkin juga penilaian kerajinan yang bersangkutan turun ke dapil,” tukas Andi.

Mantan anggota KPU itu juga mengatakan, kader-kader Demokrat di DPR yang selama ini mencoba menjatuhkan Anas juga akan dievaluasi lagi. “Saya kira bukan hanya karena faktor itu. Pasti ada pertimbangan lain yang menjadi pembahasan di majelis tinggi,” katanya.

Andi juga menegaskan, pencalegan tetap harus melewati tangan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, kendati sebagian kewenangannya telah dipreteli. “Tetap tanda tangan ketua umum. Untuk caleg DPR RI harus disetujui sembilan personel majelis tinggi,” katanya. (Donny Andhika AM/Agt)