Demokrat Ingin Terlihat Demokratis

Gelar KLB
Demokrat Ingin Terlihat Demokratis

Headline

Inilah.com

inilah.com, Jakarta – Pengamat Politik Universitas Indonesia Boni Hargens mengatakan, Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mencari pengganti Anas Urbaningrum dibutuhkan untuk menjaga keluarga besar Cikeas dan mempertahankan Partai Demokrat dari jurang kehancuran.

“Maka SBY mengambil alih seluruh kewenangan dalam penentuan ketua umum ini, lalu dibawa pada sebuah proses yang kelihatannya demokratis melalui KLB,” ucap Boni saat ditemui di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (12/3/2013).

Menurutnya, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat ini sedang berpikir untuk menentukan siapa pengganti Anas Urbaningrum yang mundur karena terjerat kasus Hambalang. Menurutnya pula, KLB itu adalah sosialisasi figur yang sebenarnya sudah dipilih SBY. “Jadi memang dalam bahasa saya, KLB ini mufakat yang dimusyawarahkan, supaya kelihatan demokratis lalu digelar KLB,” paparnya.

Menurut Boni, mekanisme KLB untuk memilih ketum baru sesuai keinginan SBY, bisa saja dilakukan. Asalkan, mekanisme tersebut bisa diterima oleh seluruh kader partai.

“Kalau memang sekarang SBY melihat bahwa dalam konteks perang terbuka antara Anas dan SBY dan SBY membutuhkan figur yang bisa menjaga SBY dan keluarga dan saat yang bersamaan menjaga partai menurut saya itu manusiawi,” katanya. [mvi]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Saran Legenda AC Milan untuk Singkirkan Barca

    Saran Legenda AC Milan untuk Singkirkan Barca


  • “Ayo Kembali ke MU, Ronaldo”