Demokrat Cari Ketum 100 Persen Urus Partai

JAKARTA – Anas Urbaningrum memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Namun hingga saat ini siapa penggantinya masih menjadi teka-teki.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, EE Mangindaan enggan berkomentar mengenai calon pengganti Anas, salah satunya adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie. "Kalau nama saya tidak bisa sebut," ujar Mangindaan di DPR, Jakarta, Rabu (6/3)

Ia hanya menyebut kriteria ketua umum partai berlambang segitiga mercy tersebut. "Kriterianya adalah kader Demokrat yang punya waktu 100 persen dalam melaksanakan tugas sebagai ketua umum," ucapnya.

Kriteria itu kata Mangindaan harus terpenuhi. Pasalnya menurut menteri perhubungan itu, Demokrat saat ini menyasar sebuah pembenahan, penataan dan konsolidasi.

Sementara itu Ketua DPP Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika menerangkan banyak kriteria menentukan calon ketua umum Demokrat. Jika mengacu pada kongres, Marzuki berpotensi.

Akan tetapi kalau ingin membenahi partai, harus dicari ketua umum yang berpengalaman. "Ada Hadi Utomo dan Subur Budi Santoso," ucapnya.

Sementara diakui Pasek, kalau ingin calon ketua umum Demokrat berasal dari luar Demokrat ada Djoko Suyanto dan Pramono Edhie. (gil/jpnn)