Dalang Ki Enthus Ikut Nyalon Bupati

LEBAKSIU – Genderang persaingan yang bakal memimpin Kabupaten Tegal semakin ramai. Tidak hanya politisi saja yang ingin menjadi orang nomor satu di daerah itu. Sejumlah seniman dan tokoh masyarakat serta politisi lokal juga mendaftarkan diri guna bersaing untuk menjadi bupati dan wakil bupati pada Pilkada daerah itu, yang rencananya diselenggarakan Oktober 2013 mendatang.

Ki Enthus Susmono dalang kondang yang sudah melanglang buana ditingkat nasional bahkan go International pun, ikut mendaftarkan diri dalam perhelatan itu. Dia mendaftar lewat pintu partai berafiliasi Islam nasionalis, yaitu DPC PKB Kabupaten Tegal. 

“Kehadiran dirinya saat mendaftar dikawal dan diantar oleh puluhan pendukungnya,” kata ketua penerimaan pendaftaran balon cabup dan cawabup yang bakal diusung DPC PKB Kabupaten Tegal, Agus Salim SE, Rabu (6/3).

Dikatakan Agus Salim, sejak dibuka pendaftaran (1/3) dan bakal ditutup pada (31/3), baru Ki Enthus yang sudah mengambil formulir balon cabup (G1). Untuk balon lain yang bakal mendaftar lewat partai itu sudah ada yang melakukan pendekatan, namun baru sebatas mencari informasi. Kebanyakan mereka mendaftar sesuai informasinya untuk balon cawabup (G2).

Meski demikian, menurut dia, partai yang didukung oleh kalangan Nahdliyin dan nasionalis itu bakal dilamar oleh sejumlah pendaftar cabup atau cawabup, guna ikut Pilkada daerah mendatang. Keyakinan tersebut seiring dengan sejumlah balon yang sudah menghubungi dirinya lewat ponsel maupun lewat kurir.  “Disamping calon pendaftar dari luar daerah, juga ada mantan camat dari Kabupaten Tegal dan mantan Jaksa asal daerah ini, yang sudah melakukan pendekatan terkait informasi pendaftaran ini,” ujar Agus Salim.

Sementara, pihaknya menjelaskan, siapapun yang mendaftar lewat DPC PKB, harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh partai dan nantinya, siapapun yang bakal diusung bakal melalui penjaringan dan mekanisme partai. Partai PKB sendiri tidak harus bekoalisi dengan partai lain, karena kuota perolehan suaranya sudah memenuhi syarat untuk mencalonkan cabup atau cawabup. Namun demikian, partainya tetap menjalin kebersamaan dengan semua pihak, baik partai maupun masyarakat.  “Ini untuk menggolkan kader yang kami usung dan Kami dukung dalam Pilkada Kabupaten Tegal mendatang,” pungkasnya. (gon)