Bertemu Prabowo Subianto, Langkah Awal SBY untuk Menjadi ‘King Maker’

Jelang Pilpres 2014

Editor: Ari Purwanto | Senin, 11 Maret 2013 22:03 WIB, 35 menit yang lalu



Bertemu Prabowo Subianto, Langkah Awal SBY untuk Menjadi ‘King Maker’ - Jelang Pilpres 2014 - SBY-Prabowo

SBY-Prabowo(Foto: ilustrasi)

LENSAINDONESIA.COM: Presiden SBY menggelar pertemuan dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara, sore tadi. Diyakini, ini merupakan langkah Ketua Dewan Pembina Demokrat itu untuk menjadi ‘King Maker’ pada Pilpres 2014.

Demikian disampaikan peneliti senior Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo kepada LICOM, hari ini (Senin, 11/3/2013).

Baca juga: Akhirnya Kasus Kekerasan Terhadap Mahasiswa UPS Tegal Berakhir Damai dan Ihwal Tokoh NU Banyak Dukung Anas, SBY Kualat Gus Dur

“Bisa jadi SBY ingin menjadi play maker di Pilpres 2014 dan menyusun strategi agar dia dan keluarga dalam keadaan “aman” setelah dia lengser,” kata Karyono.

SBY akan mendukung Prabowo sebagai capres. Tetapi, SBY akan melakukan ‘bargaining politic’ dengan mengajukan nama untuk dipasangkan dengan Prabowo.

“Nama tersebut bisa saja salah satu dari kader Demokrat yang memiliki track record baik, atau memaksakan salah satu dari pihak keluarga atau orang di luar Demokrat dan di luar keluarga, tetapi sangat dipercaya SBY,” tambahnya.

Ini dilakukan SBY lantaran dalam berbagai rilis lembagai survei, elektabilitas Prabowo terus mengalami tren kenaikan. Disisi lain, saat ini terjadi krisis kader di internal Demokrat dan internal keluarga SBY.

“Tidak ada figur yang kuat untuk dicalonkan sebagai presiden, dan SBY sudah memperhitungkan hal ini,” demikian Karyono. @ari

Berita Terkait: