Arief Budiman: Surat Majelis Tinggi PD tak Pengaruhi KPU

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekosongan bangku ketua umum dalam tubuh Partai Demokrat akan mengganggu jalannya proses pengajuan daftar caleg sementara (DCS).

Menurut anggota KPU, Arief Budiman, yang harus mengajukan daftar tersebut adalah ketua umum dan sekjen. Jika keduanya berhalangan tetap, KPU akan melihat pada AD/ART partai, pada siapa kewenangan itu diberikan.

Menurut Arief, DPP pun memiliki hak untuk menyusun daftar calon tersebut. “Itu hak mereka. Tetapi ketika calon-calon itu diajukan ke KPU, yang berhak mengajukan adalah ketum dan sekjen. Kalau hanya didaftar di internal, tidak ada urusan dengan KPU,” ujarnya.

Majelis Tinggi Partai Demokrat pun mengirim surat kepada KPU sebagai bentuk usaha untuk melobi terkait daftar caleg sementara. Namun, menurut Arief, surat itu tidak akan mempengaruhi KPU, apalagi merusak independensi KPU.

“Tidak akan mempengaruhi KPU. Yang dilihat adalah AD/ART, kewenangan diberikan pada siapa. Jika tidak tertera, artinya tetap harus ketum dan sekjen,” ujar Arief Budiman.

“Independensi akan tetap kita jaga,” tutup Arief. (Githa Farahdina/Adf)

Editor: Asnawi Khaddaf