Anas Jadi Pecundang atau Pahlawan?

Anas Jadi Pecundang atau Pahlawan?

Headline

Anas Urbaningrum – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Saat mengumumkan berhenti dari Ketua Umum Patai Demokray Anas Urbaningrum berjanji akan membuka halaman-halaman berikutnya. Kini, janji itu dinanti publik. Namun ada yang meragukan Anas.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Ruhut Poltak Sitompul salah satu pihak yang meragukan ancaman Anas Urbaningrum untuk membuka kasus yang disampaikan saat pengumuman pemberhentian dirinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. “Anas hanya gertak sambal. Kalau mau bongkar kasus, jadilah justice collaborator,” kata Ruhut di sela-sela Sidang Paripurna DPR di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Hanya saja, Ruhut mengapresiasi sikap Anas Urbaningrum yang berhenti dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Menurut dia, Anas telah menempuh jalan yang benar dengan mundur sesaat setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara anggota Komisi Hukum DPR RI dari Fraksi PPP Ahmad Yani mengatakan siap membantu Anas Urbaningrum untuk membuka halaman berikutnya sebagaimana dijanjikan Anas. “Saya siap membantu untuk membuka halaman-halaman berikutnya,” cetus Yani.

Dia menilai pernyataan Anas bisa berdimensi dua hal yakni ditujukan kepada Cikeas dan KPK. Jika ukuranya gratifikasi, Yani menyebutkan, merujuk data Nazaruddin, tidak hanya Anas namun nama-nama lainnya juga lebih banyak menerimanya. “Tapi semua tergantung Anas, mau jadi pecundang atau pahlawan. Dari zero to hero atau hero to zero,” tambah Yani.

Yani menambahkan banyak kasus yang belum terungkap ke publik seperti kasus Hambalang, IT KPU, pengurangan pajak pada perusahaan rokok terbesar di Jawa Timur, serta permainan cost recovery. “Banyak sekali halaman yang belum dibuka,” tegas Yani.

Sebelumnya, saat menyampaikan berhenti sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan saat ini hanyalah halaman pertama. “Masih banyak halaman-halaman berikutnya yang akan kita buka dan baca bersama. Tentu untuk kebaikan kita bersama,” kata Anas.

Kini publik menanti apakah Anas bakal benar-benar membuka halaman berikutnya atau hanya gertak sambal saja? [mdr]

Rekomendasi Untuk Anda


  • PT Liga Dapat Dana Segar 1,5 Triliun

    PT Liga Dapat Dana Segar 1,5 Triliun

  • Gempa 5,3 SR Guncang Cianjur

    Gempa 5,3 SR Guncang Cianjur