Mahasiswa UI Raih Penghargaan ‘Diplomasi’ di Simulasi Sidang PBB

Dua delegasi Universitas Indonesia, Amanda Soeyasa Besar dan Zain Z. Azzaino meraih penghargaan Best Diplomacy Award dalam kompetisi Harvard World Model United Nations (Harvard World MUN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dua delegasi Universitas Indonesia, Amanda Soeyasa Besar dan Zain Z. Azzaino meraih penghargaan Best Diplomacy Award dalam kompetisi Harvard World Model United Nations (Harvard World MUN). Pada tahun yang ke-24 Harvard World Model United Nations diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 16-20 Maret. 

Harvard World Model United Nations merupakan lomba simulasi PBB terbesar yang setiap tahunnya diadakan di negara-negara yang berbeda, diikuti oleh 2400 mahasiswa dari 113 negara.  “Di MUN kita dilatih cara untuk bernegosiasi, pidato dan riset. Selain itu, kita juga mendapat teman-teman dari seluruh dunia juga! Pokoknya komplit banget deh, you learn about really becoming a part of the global community”, ujar Amanda melalui siaran pers.

Tahun ini tema Harvard World MUN adalah Post-Millennium Development Goals, tema ini menarik karena Indonesia masih memiliki banyak PR untuk mencapai target MDG. Mendengarkan solusi dari orang-orang yang berasal dari seluruh dunia sangat menginspirasi kedua delegasi UI tersebut. Dalam konferensi, Amanda dan Zain belajar untuk berpikir outside of the box tentang cara-cara mengentaskan kemiskinan. Tiga hal yang merupakan kunci dari kemenangan mereka adalah riset yang mendalam, latihan rutin dan ketekunan.

republika.co.id