Marzuki Alie: SBY dan Ibas tidak Bisa Dipanggil atas Permintaan Saksi

Metrotvnews.com, Purwokerto: Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan soal pemanggilan Presiden SBY dan Ibas menjadi urusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan bukan permintaan seorang saksi.

“Tidak bisa seorang yang memberikan kesaksian meminta seseorang untuk diperiksa dalam sebuah,” kata Marzuki menanggapi pernyataan mantan Ketua Cabang Partai Demokrat Cilacap Tri Dianto bahwa SBY dan Ibas perlu dipanggil untuk bersaksi terkait kasus Hambalang. Menurut Tri, waktu itu Ibas sebagai panitia pengarah dan SBY sebagai Ketua Dewan Pembina.

“Tidak bisa dong  (memanggil seseorang). Memang dia (Tri) Ketua KPK? Dia itu siapa? Pemanggilan seseorang harus berdasarkan data dan fakta. Dan itu menjadi kewenangan KPK,” ujar Marzuki saat berada di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jumat (1/11).

Menurutnya, pemanggilan seseorang tidak dapat dilakukan hanya karena pernyataan seseorang saksi. Sebab, yang memiliki kewenangan memanggil nadalah KPK dan pemanggilan tersebut harus didasarkan data dan fakta. “Seperti saya yang memberikan kesaksian soal gedung,” ujarnya.

Marzuki juga mengatakan, sewaktu dirinya dipanggil, memang mengetahui soal pembangunan gedung. “œWaktu itu saya bersaksi bahwa pembangunan gedung saya setop, karena ada permainan,” katanya. (Liliek Dharmawan)

Editor: Patna Budi Utami

metrotvnews.com