Alasan Bawaslu Minta DPT Pemilu 2014 Ditunda

Alasan Bawaslu Minta DPT Pemilu 2014 Ditunda

Headline

(Foto : inilah.com)

inilah.com, Jakarta – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) memberikan rekomendasi agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hari Rabu (23/10/2013) ini. Apa alasannya?

Bawaslu masih menemukan beberapa permasalahan yang belum terselesaikan. Terutama tidak singkronnya data pemilih yang dimiliki KPU Pusat dengan KPU setiap provinsi.

“Aturan yang berlaku, DPT yang mempunyai legalitas, adalah yang ditetapkan oleh KPU kabupaten-kota. Yang ditetapkan ke provinsi dan selanjutnya ke KPU pusat,” jelas Ketua Bawaslu RI, Muhammad, pada Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Pemilu 2014, di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Sayangnya, aturan yang berlaku tersebut tidak dijalankan oleh KPU. Sehingga, ada keinginan menetapkan DPT disaat masih ada persoalan.

“Waktu penetapan DPT didasarkan pada sistem informasi data pemilih (Sidali) ketika terdapat data yang tidak sinkron, contohnya menurut data kabupaten-kota Provinsi Riau itu 4.109.060, tapi berdasar Sidali ada 4.905.202,” jelasnya.

Muhammad mengakui jika pihaknya telah melakukan pertemuan dengan jajaran KPU membahas permasalahan itu. Dikatakannya, alasan KPU menggunakan Sidali, karena dianggap lebih valid dengan data dari kabupaten-kota.

“Walau KPU merasa lebih valid, tapi menurut legal formal itu yang manual yang harusnya digunakan,” tegasnya.

Selain itu, Bawaslu juga mengkritisi masih banyaknya kekosongan NIK dalam DPT. Ini yang dimungkinkan bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk menggelembungkan suara.

“Karena itu, KPU kami rekomendasikan untuk melakukan pencermatan ulang, selambatnya 4 November 2013, dalam melakukan itu, maka harus dilakukan langkah-langkah yaitu, mencabut surat yang telah dikeluarkan tentang penetapan DPT dan melakukan pencermatan ulang dengan selurh stake holder,” tegasnya.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu melalui surat nomor 762 Bawaslu/X/2013 itu, agar apa yang terjadi pada penyusunan DPT pada Pemilu 2009 terulang kembali.

“Persoalan DPT 2009 itu cacat pemilu. Semua elemen menghardik Pemilu itu. Kami tak mau itu berulang,” tandasnya.

Berdasar rekapitulasi DPT yang dilakukan KPU sendiri, jumlah Kabupaten/Kota adalah 496, Kecamatan 6.949, Desa 80.801, dan TPS 545.362. Dimana jumlah pemilih berjenis kelamin laki-laki sebanyak 93.544.429, Perempuan 93.289.124, dengan total 186.842.553 orang pemilih.

Jumlah tersebut, dikurangi Kabupaten/Kota Nduga yang berada di Papua, karena hingga saat ini, KPU belum dapat melakukan rekapitulasi. [gus]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Doa Buruk Ronaldo untuk Juventus dan Tevez

    Doa Buruk Ronaldo untuk Juventus dan Tevez

  • Ronaldo Pemain Terbaik Ferguson

    Ronaldo Pemain Terbaik Ferguson

Inilah.com