Jago Demokrat Dede Yusuf Diprediksi akan Rontok

Pilgub Jabar
Jago Demokrat Dede Yusuf Diprediksi akan Rontok

Headline

inilah.com, Jakarta – Kekalahan Partai Demokrat di pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) salah satunya di Sulawesi Selatan sebaga bukti bahwa partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono itu kian tidak dipercaya rakyat. Bahkan, nasib Partai Demokrat di Pemilukada Jawa Barat juga diyakini akan bernasib sama.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Iberamsjah menilai, kekuatan partai pimpinan Anas Urbaningrum itu mulai meredup. “Di Jabar juga sudah pasti rontok. Partai Demokrat itu sudah rusak,” kata Iberamsjah kepada inilah.com, di Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Menurut dia, calon Gubernur (Cagub) Jabar Dede Yusuf yang juga sebagai jagoan Partai Demokrat tidak membawa nama Anas. Sebab, nama Anas justru menurunkan elektabilitas Dede.

“Di Jabar itu tidak ada yang membanggakan Anas. Kebanyakan dari simbol-simbol yang dipakai Dede itu tidak ada menjual Anas,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur incumbent Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu'mang unggul sementara dalam Pemilukada Sulsel 2013 berdasarkan penghitungan cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Berdasarkan penghitungan cepat LSI, pasangan nomor urut dua tersebut memperoleh 52,62% suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Ilham Arif Sirajuddin Abdul azis Kahar Muzakkar mendapatkan 41,7% suara.

Di posisi terakhir, ditempati pasangan nomor tiga Andi Rudianto Asapa dan Andi Nawir dengan perolehan 5,68% suara.

Hasil sementara ini bisa berubah karena data yang masuk baru 87 persen dari 15.601 tempat pemungutan suara (TPS) di 24 kabupaten kota, mulai dari tingkat kelurahan hingga kabupaten/kota.

Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) didukung oleh Partai Golkar, PDIP, PAN, PPP, PDK, PDS, PKPI dan PKNU. Ilham Arif Sirajuddin Abdul azis Kahar Muzakkar disokong Partai Demokrat. Andi Rudianto Asapa dan Andi Nawir didukung Partai Gerindra.

Sebelumnya kekalahan Partai Demokrat juga terjadi di Pemilukada DKI Jakarta, dan di Provinsi Banten. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda



  • “Kami Menyukai Saham LSIP”

  • Hary Tanoe Lecehkan Surya Paloh & Nasdem

    Hary Tanoe Lecehkan Surya Paloh & Nasdem