90 Persen Kader Demokrat telah Tandatangani Pakta Integritas

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan 90% kader telah menandatangani pakta integritas seperti yang diwajibkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saya mendengar dari DPD-DPD, karena mereka ditugaskan untuk meneruskan ke bawah, sebagian besar DPC-DPC sudah tanda tangan. Mungkin sudah 90% lah,” kata Jero di Kantor Presiden, Kamis (14/2).

Jero yang ditunjuk sebagai penanggung jawab penandatanganan pakta integritas itu pun mengingatkan batas akhir penandatanganan adalah akhir bulan ini.

“Batas waktu akhir bulan ya, kalau tidak (tandatangan) ya keluar,” tegas Jero.

Seperti diketahui, menurut sebuah lembaga survei, Partai Demokrat hanya meraup 8% suara dalam Pemilu 2014. Hasil survei itu membuat Susilo yang juga Presiden Indonesia menetapkan delapan solusi penyelamatan Partai Demokrat.

Salah satu solusinya adalah penataan dan pembersihan Partai Demokrat dari kader-kader yang bermasalah. Selain itu, seluruh kader juga diharuskan menandatangani pakta integritas terhadap solusi yang dikeluarkan oleh SBY, jika tidak setuju dipersilakan keluar.

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang disinyalir terlibat dugaan korupsi Hambalang seakan menjadi sasaran dalam penyelamatan PD. Namun, ia pun belum mendatangani pakta tersebut. Anas dikabarkan akan menandatangani pakta itu hari ini di DPP PD. (Fidel Ali Permana/Nav)